728x90 AdSpace

  • Berita Terbaru

    Senin, 22 Mei 2017

    Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Dan 3 Tiang Listrik Tumbang

    Salah Satu Rumah Warga Yang Terkena Angin Puting Beliung Di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
    Langkat, JuraganKoran.id - Angin puting beliung melanda tiga Kecamatan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, selain merusak puluhan rumah angin juga menumbangkan pohon dan tiang listrik.

    Hujan lebat yang disertai angin puting beliung terjadi di tiga kecamatan yakni Kecamatan Wampu, Gebang dan Brandan Barat.

    Di Kecamatan Wampu angin puting beliung menyebabkan sebuah rumah rusak parah akibat tersapu angin, bagian seng dan atap rumah terbang entah kemana dan puluhan rumah lainnya juga rusak ringan.

    Selain merusak rumah angin kencang juga merobohkan pohon besar dan menumbangkan tiga buah tiang listrik. Akibatnya, puluhan sambungan listrik ke rumah warga pun juga ikut lepas.

    Nailul salah seorang warga yang menjadi korban angin puting beliung mengatakan, bahwa kejadian tersebut berlangsung begitu cepat dan tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga yang ada didalam rumah.

    "Awalnya terdengar suara batu jatuh ke dalam kamar, lalu atap (seng) rumah terbang ke atas gak tahu kemana arahnya, yang penting saya menyelamatkan Anak dan istri saya," ungkap Nailul.

    Angin kencang juga merusak puluhan rumah di Kecamatan Gebang dan Kecamatan Brandan Barat.

    Sesuai informasi yang di himpun ada sebanyak 15 rumah di Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mengalami rusak berat dan ringan akibat dihantam angin puting beliung.

    "Itu berdasarkan laporan sementara yang masuk," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, Noto Atmojo di Langkat, Kamis (18/5/2017) seperti dikutip dari Antara.

    Lebih lanjut Noto menjelaskan, di Kecamatan Gebang, tiga rumah mengalami rusak dengan seluruh atap terlepas, sementara di Kecamatan Wampu ada sekitar enam rumah rusak dan di Kecamatan Brandan Barat enam rumah juga rusak berat dan dua rumah rusak ringan.

    "Petugas BPBD sekarang sedang mendata di lapangan untuk mengetahui berapa besar kerugian diakibatkan bencana angin puting beliung yang melanda kawasan itu disertai hujan deras saat kejadian," ujarnya.

    Menurut data pemerintah kabupaten langkat, jumlah rumah yang rusak parah dan ringan mencapai 30 rumah.

    Saat ini proses evakuasi dan perbaikan instalasi listrik sedang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Langkat dan PLN setempat. (Hanz)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Dan 3 Tiang Listrik Tumbang Rating: 5 Reviewed By: JR Saragih
    Scroll to Top