Loading...
Pasukan Militer Irak Temukan 61 Mayat dari Runtuhan Bangunan di Mosul - Juragan Koran | Koran Online Terbaik Untuk Pendidikan

Adsense 970x90

Pasukan Militer Irak Temukan 61 Mayat dari Runtuhan Bangunan di Mosul

Minggu, 26 Maret 2017

Pasukan Irak mengeluarkan 60 mayat dari sebuah bangunan yang hancur di sebelah barat Mosul
Baghdad, JuraganKoran.id - Militer Irak mengatakan telah menemukan 61 mayat dari sebuah bangunan yang runtuh akibat jebakan ISIS di sebelah barat Mosul. Tapi tidak ada tanda-tanda runtuhan bangunan itu terkena serangan koalisi meskipun sebuah bekas ledakan kendaraan besar ditemukan di dekatnya.

Pernyataan itu merupakan tanggapan atas laporan oleh saksi mata dan pejabat setempat bahwa sebanyak 200 mayat telah dikeluarkan dari sebuah runtuhan bangunan setelah serangan koalisi Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Serangan itu ditujukan kepada militan ISIS dan peralatan militernya di daerah distrik al Jadida seperti dikutip dari Reuters, Minggu (26/3/2017).

Insiden ini masih belum diketahui dengan jelas dan detail untuk dikonfirmasi. Pasalnya, pasukan Irak masih terlibat pertempuran dengan ISIS untuk merebut kembali setengah bagian barat Mosul yang merupakan wilayah padat penduduk. Mosul menjadi benteng terakhir kelompok ekstrimis itu di Irak.

Koalisi pimpinan AS mengatakan telah melakukan serangan terhadap militan ISIS dan peralatannya di wilayah yang sama dengan laporan jatuhnya korban warga sipil. Namun, pihak AS masih menyelidikinya tanpa memberikan angka untuk korban atau rician target serangan.

Komando militer Irak mengatakan saksi mata menyatakan kepada tentara bahwa jebakan bangunan dan militan telah memaksa warga berada di dalam ruang bawah tanah untuk dijadikan sebagai perisai manusia. Militan ISIS juga telah menembaki pasukan dari rumah mereka, katanya.

Tapi jumlah korban ini lebih rendah dari pejabat lokal lainnya. Seorang  pejabat kota setempat mengatakan, 240 mayat telah ditarik dari puing-puing. Seorang anggota parlemen lokal dan dua saksi mata mengatakan serangan udara koalisi mungkin telah menargetkan sebuah bom truk besar, memicu ledakan yang meruntuhkan bangunan.

Insiden ini telah menyoroti kompleksitas pertempuran di sekitar barat Kota Tua Mosul. Di wilayah itu, ISIS bersembunyi di antara keluarga dan menggunakan jalan-jalan sempit serta gang-gang untuk keuntungan mereka, memaksa pasukan Irak dalam pertempuran jalanan.(Red)
Share
Loading...

Loading...
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Juragan Koran | Koran Online Terbaik Untuk Pendidikan.
Design by Ciptaan Tangan. Published by Dunia Usaha. Powered by Glen Hanz Sky.
Creative Commons License